latihan soal Computer and application IT


Subject           : Computer and application IT I




Bab 1
Pilihan Berganda

1.      Teknologi informasi mencakup dua teknologi, yaitu :
a.       Teknologi komputer dan teknologi komunikasi

2.      Kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur untuk mengatur komputer disebut
a.       Program

3.      Data yang telah diolah dan menjadi bahan yang berguna bagi pengambilan keputusan disebut :
a.       Informasi

4.      Printer tergolong dalam teknologi
a.       Keluaran

5.      Microsoft word yang biasa digunakan untuk membuat dokumen merupakan contoh teknologi :
a.       Perangkat lunak

6.      Contoh memori internal yaitu :
a.       ROM dan RAM

7.      RAM adalah :
a.       Memori yang hanya bisa menyimpan dan isinya bisa diubah

8.      Contoh penyimpanan eksternal yaitu :
a.       Hard Disk dan Disket

9.      Yang termasuk piranti keluaran adalah :
a.       Monitor

10.  Yang dimaksud dengan brainware dalam sistem teknologi informasi adalah :
a.       Orang

11.  PC tergolong sebagai :
a.       Mikrokomputer

12.  Mikroprosesor berukuran kecil yang biasa diletakkan pada peralatan elektronis disebut : CPU
13.  Sistem teknologi informasi yang dirancang secara khusus untuk melakukan tugas tertentu disebut :
a.       Dedicated IT system

14.  Jumlah operasi bilangan real dalam satuan jutaan perdetik dikenal dengan sebutan :
a.       MFLOPS

15.  Kelompok minikomputer kelas tinggi yang lebih unggul daripada minikomputer kelas rendah dinamakan :
a.       Superkomputer

16.  IBM ASCI White adalah contoh dari :
a.       Superkomputer

17.  IBM AS/400 tergolong sebagai :
a.        Minikomputer

18.  Yang tak tergolong sebagai mikrokomputer :
a.       Workstation

Isian
1.      Kepanjangan dari CPU adalah Central Processing Unit
2.      Kepanjangan dari ROM adalah Read Only Memory
3.      Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory
4.      Kepanjangan dari ATM adalah Asynchronous Transfer Mode atau automatic teller mechine
5.      Kepanjangan dari PDA adalah Personal Digital Assistant
6.      CT pada CT scan adalah singkatan dari computerized tomography scanner
7.      Komputer yang dapat digenggam dengan tangan biasa disebut handheld computer / palmtop
8.      Komputer yang meminta layanan dari sebuah server disebut  Clien
9.      PC yang memiliki kotak CPU dalam posisi berdiri disebut Tower PC
10.  Peranti yang digunakan untuk mencetak informasi dalam kertas disebut printer




Uraian

1.      Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi ?
  Jawab : menurut ITTA (Information Technology Association of America) Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.
2.      Berikan contoh penerapan teknologi informasi dalam  dunia pebankan
Jawab :  Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan saldo hingga transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang perbankan.

3.      Mengapa orang merupakan komponen paling penting yang menunjang keberhasilan sebuah sistme teknologi informasi ?
Jawab : Segala bentuk teknologi dibuat tentunya agar dapat digunakan oleh banyak orang.  Bagaimanapun canggihnya sebuah teknologi tanpa didukung oleh pengguna yang mampu menggunakan teknologi itu, maka teknologi itu tak ada artinya. 
Semakin familiar sebuah teknologi, maka semakin banyak pula peminatnya, ini artinya untung yang akan  didapatkan juga semakin sangat  besar dan sangat luas. 
Kita lihat saja sistem operating komputer yang beredar. 
Mengapa orang lebih banyak menggunakan windows ketimbang OS lainnya ? 
jawabnya adalah, karena windows begitu familiar terhadap pengguna. hampir sebagian besar masyarakat sudah mampu menggunakan sistem operasi windows.

4.      Dalam lingkungan kilen-server, apa yang disebut server dan apapula yang disebut dengan klien ?
Jawab : server : adalah penyedia sekaligus pengatur jaringan dalam sebuah organisasi  yang dapat membatasi penggunaan jaringan 
client : adalah pemakai ataupun pengguna jaringan yang telah disediakan oleh server

Bab 2
Pilihan berganda

1.      1024 byte disebut
a.       1 kilobyte

2.      1/106 disebut :
a.       1 mikrodetik

3.      Yang tidka termasukmsebagai sistem pengkodean karakter :
a.       MHz

4.      1101 biner identik dengan bilangan dalam sistem desimal :
a.       16

5.      Sebuah karakter dalam sistem unicode dinyatakan dengan :
a.       16 bit

6.      Bilangan 17 dalam desimal identik dengan bilangan biner berikut :
a.       11011
b.      10001
c.       10011
d.      11001

7.      Peranti yang tidak berada didalam unit sistem :
a.       Keyboard

8.      Istilah yang tidak menyatakan motherboard :
a.       Sistem cabinet

9.      Alat yang digunakan untuk melindungi komputer dari lonjakan tegangantinggi dan terjadi sesaat dinamakan :
a.       suPeR Protector

10.  Jalur yang menghubungkan suatu komponen dengan komputer lain dalam motherboard dinamakan :
a.       Bus

11.  Bus yang menghubungkan peralatan periferal dengan CPU disebut :
a.       Bus I/O

12.  Kecepatan bus dinyatakan dengan satuan :
a.       MHz

13.  Spesifikasi IEE 1349 berhubungan dengan :
A.    Fie Wire

14.  Yang bukan merupakan prosesor :
a.       EISA

15.  Contoh yang menggunakan teknologi RISC :
a.       PowerPC

16.  Satuan yang menyatakan jumlah operasi bilangan real perdetik :
a.       Mflops

17.  Bagian dari CPU yang berfungsi mengendalikan seluruh kegiatan dalam sistem komputer yaitu :
a.       ALU
b.      Unit Kontrol
c.       Register
d.      RAM

18.  Yang bukan merupakan bagian dari CPU :
a.       RAM


ISIAN

1.      CPU dapat memproses paling banyak 1 instruksi dalam sebuha siklus (pulsa dari clock) disebut CPU Skalar / Tradisional
2.      Adapun CPU yang dapat menjalankan lebih dari 1 instruksi persiklus disebut CPU superskalar
3.      Jenis ROM yang isinya dapat dihapus dengan isyarat listik dinamakan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
4.      Memori berkecepatan tinggi berfungsi sebagai perantara antara CPU dan RAM disebut Cache memory
5.      Jenis RAM yang perlu disegarkan oleh CPU agar data yang ada didalamnya tidak hilang dinamakan DRAM ( Dynamic RAM )
6.      Satu byte terdiri atas      8          bit
7.      Sebuah karakter dalam sistem unicode tersusun atas  16   byte
8.       Alat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dinamakan stabilizer
9.      1000 gigalops disebut satu teraflops
10.   Kepanjangan RISC yaitu reduced Instruction Set Computer
11.  Kepanjangan CISC yaitu Complex Instruction-Set computer atau Complex Instruction-Set Computing
12.  Kepanjangan CMOS yaitu Complementary Metal Oxide Semiconductor
13.   “setiap 18 bulan jumlah transistor dalam sebuah cip silikon akan menjadi dua kali” dikenal dengan sebutan hukum

Uraian

1.      Apa yang dimaksud dengan ROM ? berikan pula jenis jenisnya !
Jawab : ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random).ROM berbeda dengan RAM.

2.      Jelaskan fungsi komponen-komponen yang tedapat pada CPU
Jawab :

1.    Casing
Casing  Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya.

2 . Motherboard 
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

3 . Prosessor
Prosessor secara garis besarnya merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.

4 . RAM
RAM  (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan.

5 . VGA
VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor.

6 . Sound card
Sound card  berfungsi sebagai prosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer.

7 . Harddisk
Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapsitas  harddisk adalah byte.

8. Power supply
Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.


9. Optical disk drive 
Optical disk drive lebih banyak dikenal dengan sebutan CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

3.      Apa  kelebihan sistem unicode terhadap ASCII ?
Jawab : ASCII masih menggunakan  8 bit untuk setiap kode dan hanya menghasilkan kombinasi 256 karakter, sedangkan Unicode menggunakan 16 bit untuk setiap kodenyasehingga mampu menghasilkan kombinasi 65.536 karakter.

4.      Jelaskan fungsi bus alamat, bus data, dan bus pengendali !
Jawab:
Adress Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Data bus Adalah jalur
jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masingmasing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.



Bab 3
Pilihan berganda

1.      Yang tidak tergolong sebagai peranti masukan berbentuk penunjuk :
a.       Touchtune

2.      Peranti masukan yang umum digunakan dalam permainan dengan menggunakan komputer :
a.       Joustick

3.      Peralatan bebentuk papan yang dapat digunakan untuk membantu pemasukan data peta :
a.       Digitizer

4.      Peranti yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis garis yang umum terdapat pada barang ditoko swalayan dinamakan :
a.       Barcode reader

5.      Peranti yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang mengandung tinta magnetik disebut
a.       MICR

6.      Peranti yang dapat menjawab jawaban peserta tes yang melingkari bulatan pilihan dengan pensil 2B disebut :
a.                   OMR

7.      Peranti yang dapat mengenali teks dalam suatu dokumen disebut :
a.       OCR

8.      Peranti yang disebut BTMF
a.       Touchtone

9.      Sistem yang dapat mengenali suara seseorang disebut :
a.       ASR


            Isian

1.      Sidik jari seseorang dapat dibaca dengan menggunakan peranti Fingerprint Reader
2.      Peranti penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat mengeserkan jari-jarinya ke peranti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada layar dinamakan Touchpad
3.      Peralatan berbentuk monitor dengan cara menyentuhkan jari pemakain ke layar dinamakan Touch Screen

       Uraian

1.      Berikan contoh penggunaan sensor
Jawab : Contoh penggunaan sensor untuk masukan dalam rumah tangga adalah Hawkeye, yapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan. Selanjutnya, masukan ini dapat untuk menjalankan suatu makro yang telah anda siapkan misalnya untuk menyala-mtikan lampu secara otomatis pada saat ada orang masuk/keluar dari ruangan, bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain-lain otomatis.

2.      Sebutkan peranti masukan yang umum dipakai dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan masing-masing
Jawab : 
a.     mouse (untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar)
b.    keyboard (untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c.     image scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk digital)
d.    kamera digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam)
e.     kamera video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f.     bar code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g.     joystick (untuk mengendalikan aplikasi permainan dalam komputer).



3.      Bisakah image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku sehingga bisa diedit dengan pengolah kata semacam Word ? Bagaimana mekanismenya ?


Bab 4
Pilihan berganda

1.      Yang tidak termasuk hard copy :
a.       Printer
b.      Plotter
c.       Monitor
d.      B dan C

2.      Monitor yang mengnakan teknologi tabung hampa :
a.       CRT

3.      Printer yang ukuran kecepatannya dinyatakan dengan CPS :
a.       Printer dot matrix

4.      Jenis printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta :
a.        Printer laser
b.      Printer dot matrix
c.       Printer ink-jet
d.      Printer thermal

5.      Peranti yang digunakan untuk membuat mikrofilm :
a.       COM

6.      Jumlah pemayaran piksel perdetik pada monitor dikenal dengan istilah :
a.       Kecepatan refresh
b.      Dotpich
c.       Resolusi
d.      Interlaced

       Isian

1.      Monitor beresolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak
2.      Keluaran dari komputer dapat dikelompokkan menjadi softcopy dan Hardcopy
3.      Contoh peranti yang tidak tergolong softcopy adalah monitor, plotter dan com
4.      Monitor 28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar




       Uraian
1.      Apa perbedaan active matrikx dan passive matrix ?
Jawab :
Ø  Passive matrix
Teknologi ini lebih murah. Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu x) dan di samping kiri (sumbu y) monitor. Transistor-transistor ini memberi energi pada piksel.
Piksel: pertemuan dari pancaran transistor sumbu x & sumbu y. Karenanya teknologi ini sering disebut Dual Scan Monitor.
Kelemahan:   - Monitor harus dilihat secara tegak lurus.
                                         - Jika ada transistor yang mati, maka akan terlihat adanya garis
                                           gelap melintang / tegak lurus pada layar monitor.
Pada passive matrix yang lebih baru seperti CSTN (Color Super-Twisted Nematic), DSTN (Double Layer Super-Twist Nematic), dan HPA (High-Performance Addresing) kecrahan citra lebih bagus.

Ø  Active matrix
Teknologi Thin Film Transistor (TFT). Hasil warna sebagus CRT, namun teknologinya mahal. Active matrix memiliki transistor yang memancarkan  cahaya sendiri pada masing-masing piksel, warnanya lebih cerah, dan tak harus dilihat dengan sudut pandang tegak lurus. Nmaun karena adanya banyak transistor ini, mengakibatkan pemakaian daya jenis monitor ini lebih tinggi & kemungkinan kerusakan pada piksel lebih besar.


2.      Mengapa printer dot matrik masih banyak dipakai walaupun kualitas cetakannya relatif tidak bagus ?
Jawab : Karena kemampuannya mencetak pada kertas rangkap, keandalan dan biaya operasinya yang murah membuat printer jenis ini banyak digunakan berbagai perusahaan

3.      Apa perbedaan monitor yang menggunakan interlaced dengan noininterlaced ?
Jawab :
Ø  Interlaced Monitor: Jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui 2 tahapan.
Ø  Noninterlaced Monitor: Hanya menggunakan 1 tahapan.
Contoh, televisi biasanya memiliki kecepatan refresh lebih rendah dibanding monitor komputer pada umumnya, memerlukan interlace agar gambar dapat terlihat jelas.
Efek dari interlaced monitor adalah kerdip, yang dapat melelahkan mata dan mempengaruhi kualitas penyajian informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

proposal studi kelayakan bisnis laundry sepatu

laporan kas

pemahaman mengenain Past Perfect Tense dan Past Perfect Continuous tense