latihan soal Computer and application IT
Subject : Computer and application IT I
Bab 1
Pilihan
Berganda
1.
Teknologi
informasi mencakup dua teknologi, yaitu :
a.
Teknologi
komputer dan teknologi komunikasi
2.
Kumpulan
instruksi yang digunakan untuk mengatur untuk mengatur komputer disebut
a.
Program
3.
Data
yang telah diolah dan menjadi bahan yang berguna bagi pengambilan keputusan
disebut :
a.
Informasi
4.
Printer
tergolong dalam teknologi
a.
Keluaran
5.
Microsoft
word yang biasa digunakan untuk membuat dokumen merupakan contoh teknologi :
a.
Perangkat
lunak
6.
Contoh
memori internal yaitu :
a.
ROM
dan RAM
7.
RAM
adalah :
a.
Memori
yang hanya bisa menyimpan dan isinya bisa diubah
8.
Contoh
penyimpanan eksternal yaitu :
a.
Hard
Disk dan Disket
9.
Yang
termasuk piranti keluaran adalah :
a.
Monitor
10.
Yang
dimaksud dengan brainware dalam sistem teknologi informasi adalah :
a.
Orang
11.
PC
tergolong sebagai :
a.
Mikrokomputer
12.
Mikroprosesor
berukuran kecil yang biasa diletakkan pada peralatan elektronis disebut : CPU
13.
Sistem
teknologi informasi yang dirancang secara khusus untuk melakukan tugas tertentu
disebut :
a.
Dedicated
IT system
14.
Jumlah
operasi bilangan real dalam satuan jutaan perdetik dikenal dengan sebutan :
a.
MFLOPS
15.
Kelompok
minikomputer kelas tinggi yang lebih unggul daripada minikomputer kelas rendah
dinamakan :
a.
Superkomputer
16.
IBM
ASCI White adalah contoh dari :
a.
Superkomputer
17.
IBM
AS/400 tergolong sebagai :
a.
Minikomputer
18.
Yang
tak tergolong sebagai mikrokomputer :
a.
Workstation
Isian
1.
Kepanjangan dari CPU adalah Central Processing Unit
2.
Kepanjangan
dari ROM adalah Read Only Memory
3.
Kepanjangan
dari RAM adalah Random Access Memory
4.
Kepanjangan dari ATM adalah Asynchronous Transfer Mode atau
automatic teller mechine
5.
Kepanjangan
dari PDA adalah Personal Digital Assistant
6.
CT
pada CT scan adalah singkatan dari computerized
tomography scanner
7.
Komputer yang dapat digenggam dengan tangan biasa
disebut handheld computer / palmtop
8.
Komputer yang meminta layanan dari sebuah server
disebut Clien
9.
PC yang memiliki kotak CPU dalam posisi berdiri
disebut Tower
PC
10. Peranti yang
digunakan untuk mencetak informasi dalam kertas disebut printer
Uraian
1.
Apa yang
dimaksud dengan teknologi informasi ?
Jawab
: menurut ITTA (Information Technology Association of
America) Teknologi
Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan,
dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada
aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi
memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah,
menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh
informasi secara aman.
2.
Berikan contoh
penerapan teknologi informasi dalam
dunia pebankan
Jawab
: Dalam
dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah
diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet
Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking
antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran
tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan saldo hingga
transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam bidang perbankan.
3.
Mengapa orang
merupakan komponen paling penting yang menunjang keberhasilan sebuah sistme
teknologi informasi ?
Jawab
: Segala bentuk teknologi dibuat tentunya agar
dapat digunakan oleh banyak orang.
Bagaimanapun canggihnya sebuah teknologi tanpa
didukung oleh pengguna yang mampu menggunakan teknologi itu, maka teknologi itu
tak ada artinya.
Semakin familiar sebuah teknologi, maka semakin banyak pula peminatnya, ini artinya untung yang akan didapatkan juga semakin sangat besar dan sangat luas.
Kita lihat saja sistem operating komputer yang beredar.
Mengapa orang lebih banyak menggunakan windows ketimbang OS lainnya ?
jawabnya adalah, karena windows begitu familiar terhadap pengguna. hampir sebagian besar masyarakat sudah mampu menggunakan sistem operasi windows.
Semakin familiar sebuah teknologi, maka semakin banyak pula peminatnya, ini artinya untung yang akan didapatkan juga semakin sangat besar dan sangat luas.
Kita lihat saja sistem operating komputer yang beredar.
Mengapa orang lebih banyak menggunakan windows ketimbang OS lainnya ?
jawabnya adalah, karena windows begitu familiar terhadap pengguna. hampir sebagian besar masyarakat sudah mampu menggunakan sistem operasi windows.
4.
Dalam lingkungan
kilen-server, apa yang disebut server dan apapula yang disebut dengan klien ?
Jawab : server : adalah penyedia sekaligus pengatur jaringan
dalam sebuah organisasi yang dapat
membatasi penggunaan jaringan
client : adalah pemakai ataupun pengguna jaringan yang telah disediakan oleh server
client : adalah pemakai ataupun pengguna jaringan yang telah disediakan oleh server
Bab 2
Pilihan berganda
1.
1024
byte disebut
a.
1
kilobyte
2.
1/106
disebut :
a. 1 mikrodetik
3.
Yang
tidka termasukmsebagai sistem pengkodean karakter :
a.
MHz
4.
1101
biner identik dengan bilangan dalam sistem desimal :
a.
16
5.
Sebuah
karakter dalam sistem unicode dinyatakan dengan :
a.
16
bit
6.
Bilangan
17 dalam desimal identik dengan bilangan biner berikut :
a.
11011
b.
10001
c.
10011
d.
11001
7.
Peranti
yang tidak berada didalam unit sistem :
a.
Keyboard
8.
Istilah
yang tidak menyatakan motherboard :
a.
Sistem
cabinet
9.
Alat
yang digunakan untuk melindungi komputer dari lonjakan tegangantinggi dan
terjadi sesaat dinamakan :
a.
suPeR
Protector
10.
Jalur
yang menghubungkan suatu komponen dengan komputer lain dalam motherboard
dinamakan :
a.
Bus
11.
Bus
yang menghubungkan peralatan periferal dengan CPU disebut :
a.
Bus
I/O
12.
Kecepatan
bus dinyatakan dengan satuan :
a.
MHz
13.
Spesifikasi
IEE 1349 berhubungan dengan :
A.
Fie
Wire
14.
Yang
bukan merupakan prosesor :
a.
EISA
15.
Contoh
yang menggunakan teknologi RISC :
a.
PowerPC
16.
Satuan
yang menyatakan jumlah operasi bilangan real perdetik :
a.
Mflops
17.
Bagian
dari CPU yang berfungsi mengendalikan seluruh kegiatan dalam sistem komputer
yaitu :
a.
ALU
b.
Unit
Kontrol
c.
Register
d.
RAM
18.
Yang
bukan merupakan bagian dari CPU :
a.
RAM
ISIAN
1.
CPU dapat memproses paling banyak 1 instruksi dalam
sebuha siklus (pulsa dari clock) disebut CPU
Skalar / Tradisional
2.
Adapun CPU yang dapat menjalankan lebih dari 1
instruksi persiklus disebut CPU
superskalar
3.
Jenis ROM yang isinya dapat dihapus dengan isyarat
listik dinamakan EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read-Only Memory)
4.
Memori
berkecepatan tinggi berfungsi sebagai perantara antara CPU dan RAM disebut Cache memory
5.
Jenis RAM yang perlu disegarkan oleh CPU agar data
yang ada didalamnya tidak hilang dinamakan DRAM
( Dynamic RAM )
6.
Satu
byte terdiri atas 8 bit
7.
Sebuah
karakter dalam sistem unicode tersusun atas
16 byte
8.
Alat yang
berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dinamakan stabilizer
9.
1000
gigalops disebut satu teraflops
10. Kepanjangan RISC yaitu reduced Instruction Set Computer
11. Kepanjangan CISC
yaitu Complex Instruction-Set computer
atau Complex Instruction-Set Computing
12. Kepanjangan CMOS
yaitu Complementary Metal Oxide Semiconductor
13.
“setiap 18 bulan jumlah transistor dalam
sebuah cip silikon akan menjadi dua kali” dikenal dengan sebutan hukum
Uraian
1.
Apa yang
dimaksud dengan ROM ? berikan pula jenis jenisnya !
Jawab
: ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu
perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya
hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya
memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random).ROM berbeda dengan
RAM.
2.
Jelaskan fungsi
komponen-komponen yang tedapat pada CPU
Jawab :
1.
Casing
Casing Berfungsi sebagai tempat kita
meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard
disk, dan lain sebagainya.
2 .
Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai
komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung
seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain
sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen
komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
3 .
Prosessor
Prosessor secara garis besarnya merupakan sebuah alat berbentuk
chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah
perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat
komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung
dengan RAM dan Harddisk yang besar.
4 . RAM
RAM (Random Access Memory). Berfungsi
menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan
kebagian-bagian yang membutuhkan.
5 . VGA
VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum
ditampilkan ke monitor.
6 . Sound
card
Sound card berfungsi sebagai prosesor
audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu
dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya
ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output
dari kartu suara komputer.
7 . Harddisk
Harddisk adalah
tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar
kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan
kapsitas harddisk adalah byte.
8. Power
supply
Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang
berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen
komputer.
9. Optical
disk drive
Optical disk drive lebih banyak dikenal dengan sebutan
CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD.
Yang termasuk kedalam optical
drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.
3.
Apa kelebihan sistem unicode terhadap ASCII ?
Jawab
: ASCII masih menggunakan 8 bit untuk
setiap kode dan hanya menghasilkan kombinasi 256 karakter, sedangkan Unicode
menggunakan 16 bit untuk setiap kodenyasehingga mampu menghasilkan kombinasi
65.536 karakter.
4.
Jelaskan fungsi
bus alamat, bus data, dan bus pengendali !
Jawab:
Adress Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat
memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20,
24, atau 32 jalur paralel.
Data bus Adalah jalur‐jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing‐masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
Bab 3
Pilihan berganda
1.
Yang
tidak tergolong sebagai peranti masukan berbentuk penunjuk :
a.
Touchtune
2.
Peranti
masukan yang umum digunakan dalam permainan dengan menggunakan komputer :
a.
Joustick
3.
Peralatan
bebentuk papan yang dapat digunakan untuk membantu pemasukan data peta :
a.
Digitizer
4.
Peranti
yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis garis yang umum
terdapat pada barang ditoko swalayan dinamakan :
a.
Barcode
reader
5.
Peranti
yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang mengandung tinta magnetik
disebut
a.
MICR
6.
Peranti
yang dapat menjawab jawaban peserta tes yang melingkari bulatan pilihan dengan
pensil 2B disebut :
a.
OMR
7.
Peranti
yang dapat mengenali teks dalam suatu dokumen disebut :
a.
OCR
8.
Peranti
yang disebut BTMF
a.
Touchtone
9.
Sistem
yang dapat mengenali suara seseorang disebut :
a.
ASR
Isian
1.
Sidik
jari seseorang dapat dibaca dengan menggunakan peranti Fingerprint Reader
2.
Peranti
penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat mengeserkan
jari-jarinya ke peranti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada layar
dinamakan Touchpad
3.
Peralatan
berbentuk monitor dengan cara menyentuhkan jari pemakain ke layar dinamakan Touch Screen
Uraian
1.
Berikan contoh
penggunaan sensor
Jawab : Contoh
penggunaan sensor untuk masukan dalam rumah tangga adalah Hawkeye, yapat
digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.
Selanjutnya, masukan ini dapat untuk menjalankan suatu makro yang telah anda
siapkan misalnya untuk menyala-mtikan lampu secara otomatis pada saat ada orang
masuk/keluar dari ruangan, bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain-lain
otomatis.
2.
Sebutkan peranti
masukan yang umum dipakai dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan
masing-masing
Jawab
:
a. mouse
(untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar)
b. keyboard
(untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c. image
scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk
digital)
d. kamera
digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam)
e. kamera
video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f. bar
code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g. joystick (untuk mengendalikan aplikasi
permainan dalam komputer).
3.
Bisakah image
scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku
sehingga bisa diedit dengan pengolah kata semacam Word ? Bagaimana mekanismenya
?
Bab 4
Pilihan berganda
1.
Yang
tidak termasuk hard copy :
a.
Printer
b.
Plotter
c.
Monitor
d.
B
dan C
2.
Monitor
yang mengnakan teknologi tabung hampa :
a.
CRT
3.
Printer
yang ukuran kecepatannya dinyatakan dengan CPS :
a.
Printer
dot matrix
4.
Jenis
printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta :
a.
Printer laser
b.
Printer
dot matrix
c.
Printer
ink-jet
d.
Printer
thermal
5.
Peranti
yang digunakan untuk membuat mikrofilm :
a.
COM
6.
Jumlah
pemayaran piksel perdetik pada monitor dikenal dengan istilah :
a.
Kecepatan
refresh
b.
Dotpich
c.
Resolusi
d.
Interlaced
Isian
1.
Monitor
beresolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak
2.
Keluaran
dari komputer dapat dikelompokkan menjadi softcopy dan Hardcopy
3.
Contoh
peranti yang tidak tergolong softcopy adalah monitor, plotter dan com
4.
Monitor
28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar
Uraian
1.
Apa perbedaan
active matrikx dan passive matrix ?
Jawab
:
Ø Passive matrix
Teknologi ini lebih murah.
Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu x) dan di
samping kiri (sumbu y) monitor. Transistor-transistor ini memberi energi pada
piksel.
Piksel: pertemuan dari
pancaran transistor sumbu x & sumbu y. Karenanya teknologi ini sering
disebut Dual Scan Monitor.
Kelemahan: -
Monitor harus dilihat secara tegak lurus.
- Jika ada transistor yang mati, maka akan
terlihat adanya garis
gelap melintang / tegak lurus pada layar
monitor.
Pada passive matrix yang lebih baru seperti CSTN (Color Super-Twisted Nematic), DSTN (Double Layer Super-Twist Nematic), dan HPA (High-Performance Addresing) kecrahan citra lebih bagus.
Ø Active matrix
Teknologi Thin Film Transistor (TFT). Hasil warna sebagus CRT, namun
teknologinya mahal. Active matrix memiliki transistor yang memancarkan
cahaya sendiri pada masing-masing piksel, warnanya lebih cerah, dan tak harus
dilihat dengan sudut pandang tegak lurus. Nmaun karena adanya banyak transistor
ini, mengakibatkan pemakaian daya jenis monitor ini lebih tinggi &
kemungkinan kerusakan pada piksel lebih besar.
2.
Mengapa printer
dot matrik masih banyak dipakai walaupun kualitas cetakannya relatif tidak
bagus ?
Jawab
: Karena kemampuannya mencetak pada kertas rangkap,
keandalan dan biaya operasinya yang murah membuat printer jenis ini banyak
digunakan berbagai perusahaan
3.
Apa perbedaan
monitor yang menggunakan interlaced dengan noininterlaced ?
Jawab
:
Ø Interlaced Monitor: Jenis
monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui 2 tahapan.
Ø Noninterlaced Monitor: Hanya
menggunakan 1 tahapan.
Contoh, televisi biasanya memiliki kecepatan refresh lebih rendah
dibanding monitor komputer pada umumnya, memerlukan interlace agar
gambar dapat terlihat jelas.
Efek dari interlaced monitor adalah kerdip, yang dapat melelahkan
mata dan mempengaruhi kualitas penyajian informasi.
Komentar
Posting Komentar