input devices


Text Box: Input device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan.
Melalui gambaran umum  kitata dapat mengetahui makna dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data berupa  signal input (data yang dimasukkan ke dalam komputer) dan maintenance input (berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan). 
Jadi, input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua yaitu sebagai berikut :

• Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.

• Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.

Alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:



INPUT DEVICES
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif8LiChltCgBLa5dJKUh7Z71JSNgrJBH3PJAXMOCd33CR6mmG4r6Cppp5VoTW0yZOfX6e9yRgAgffwcdgr_wmkm2KXOuIiTThDU3N4QpXxYieyrKmMBDCcXu9LYC8xHUV-EuYM4YIFBdpY/s1600/inputdevice.jpg Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjl9SvVZ0Hb_JrTIYGZ5XG_YktXLH2SD5hVRGmp5VsPF9BCfREzYfiduPMeRL3Uynvr2tbHVrzeO9opo2KeWucYkFaUlDqH7f68AA44ZTNvNAc6U3RbZagNIJuIva4-emoj1CBy5uQoR2I/s320/input+device.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif8LiChltCgBLa5dJKUh7Z71JSNgrJBH3PJAXMOCd33CR6mmG4r6Cppp5VoTW0yZOfX6e9yRgAgffwcdgr_wmkm2KXOuIiTThDU3N4QpXxYieyrKmMBDCcXu9LYC8xHUV-EuYM4YIFBdpY/s1600/inputdevice.jpg
Description: storage device
Text Box:  3. Joystick

  Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah yang terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
• Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
• Untuk megontrol permainan video.
• Joystick juga banyak di implementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
  
Text Box: 2. Mouse

Fungsinya  untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click).  
Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

  

 

Text Box: 1. Keyboard

Keyboard merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file.
 
 Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu : 
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG























Text Box: 4.Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya tranckball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki. Tackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat langsung dtempelkan langsung pada laptop
Text Box: 5. Lightpen

Ligh pen adalah suatu inpur device atau pointer elektronik yang biasanya digunakan untuk menggambar teknis atau grafis didalam komputer, selain itu perangkat keras ini juga berfungsi sebagai pengganti dari keyboard atau mouse
Light pen berfungsi untuk modifikasi dan  mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Text Box: 6.   Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
Selain itu scanner berfungsi untuk mengopi atau menyalin  gambar atau teks yang kemdian disimpan  dalam memori komputer. Scanner  sebenarnya terbagi atas beberapa jenis  menurut fungsinya. ada yang berfungsi  memindai tulisan dan menyimpannya  dalam format teks, ada yang berfungsi  untuk memindai dan menyimpan dalam  format picture, ada pula yang berfungsi  untuk memindai warna hitam seperti  yang  dilakukan alat periksa kertas ujian.

 
























Text Box: 7. Barcode Reader

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk -produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Text Box: 8. Flashdisk

 Flash disk adalah alat yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan data. Tentunya data apa pun itu, apakah foto, file office, master aplikasi, video, dan file-file lainnya asalkan ukurannya tidak melebihi kapasitas penyimpanan flash disk tersebut. Untuk kapasitas penyimpanan, flash disk memiliki ukuran yang beragam. Mulai dari 512 MB, 1 GB, 2GB, 4GB, 8 GB, dan 32 GB. 
Tidak hanya untuk menyimpan data saja, kini flash disk banyak difungsikan sebagai alat untuk mempermudah penginstalan software aplikasi ke dalam komputer. Bahkan untuk menginstal system operasi komputer secara mudah tanpa harus menggunakan DVD lagi.
Untuk hiburan, flash diks juga bisa dipakai untuk menyimpan file musik, sehingga bisa digunakan untuk memutar musik di tape mobil, atau pada speaker yang sudah menyediakan slot USB.
Text Box: 9. Voice Recognition
Voice Recognition adalah suatu sistem yang bisa atau dapat mengidentifikasi seseorang melalui suaranya, pada saat saya mencari pengertiaan dari voice recognition terdapat juga pengertian Speech Recognition yang hampir sama secara fungsinya. Tapi terdapat perbedaan antara keduanya, Voice Recognition mengidentifikasi siapa yang berbicara, tetapi Speech Recognition mengidentifikasi apa yang diucapkan.


 




























Text Box: 10. Modem
Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer. Jadi kesimpulannya fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet
Text Box:   11.  CD ROM DRIVE 

CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.




Text Box:   12. WebCam
WebCam atau Camera Web ini ialah nama sebutan untuk kamera yang dihubungkan pada komputer agar kita bisa dilihat melalui aplikasi pemanggilan video. web cam ini ditujukan pada teknologi secara umumnya , sampai kata web cam ini kadang diganti dengan kata lain yang memberikan pemandangan yang ditampilkan oleh kamera. Webcam ini berungsi untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat seperti chat melalui video dan bertatap muka melalui video secara langsung. dan webcam ini berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung.
Text Box: 13. Mikropon dan Headphone

 Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.




Text Box: 14. Touchpad

Touchpad Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula touchpad digunakan sebagi pengganti mouse. Pada gadget tertentu input device ini langsung pada monitor seperti gadget.


 























Komentar

Postingan populer dari blog ini

proposal studi kelayakan bisnis laundry sepatu

laporan kas

pemahaman mengenain Past Perfect Tense dan Past Perfect Continuous tense