COMPUTER APLICATION & IT


TUGAS COMPUTER APLICATION & IT 2

1.   TABEL

            Tabel adalah objek database yang Anda gunakan untuk menyimpan data tentang subjek tertentu, seperti karyawan atau produk. Tabel terdiri dari catatan dan bidang.
            Setiap catatan berisi data tentang satu contoh tabel subjek, seperti karyawan tertentu. Rekaman juga disebut baris atau contoh.
            Setiap bidang yang berisi data tentang satu aspek tabel subjek, seperti nama depan atau alamat email. Bidang juga disebut kolom atau atribut.
            Catatan terdiri dari nilai bidang, seperti Contoso, Ltd. atau someone@example.com. Nilai bidang juga disebut fakta.
Description: Tabel pelanggan di Access memperlihatkan tata letak catatan dan bidang
1. Catatan
2. bidang
3. nilai bidang
            Database bisa berisi banyak tabel, masing-masing menyimpan informasi tentang subjek berbeda. Setiap tabel dapat berisi banyak bidang tipe data, seperti teks, angka, tanggal, dan hyperlink yang berbeda.
Properti tabel dan bidang
            Tabel dan bidang juga memiliki properti yang bisa Anda atur untuk mengontrol perilaku atau karakteristik mereka.
Description: Tabel dan lembar properti bidang
Tabel terbuka dalam tampilan desain.
1. properti tabel
2. properti bidang
            Dalam Access database, properti tabel adalah atribut dari tabel yang mempengaruhi tampilan atau perilaku tabel secara keseluruhan. Properti tabel diatur dalam lembar properti tabel, dalam tampilan desain. Misalnya, Anda bisa mengatur properti Tampilan Default tabel untuk menentukan cara tabel ditampilkan secara default.
            Properti bidang berlaku untuk bidang tertentu dalam tabel dan menentukan satu bidang Karakteristik atau aspek perilaku bidang. Anda bisa mengatur beberapa properti bidang dalam tampilan lembar data. Anda juga bisa mengatur properti bidang apa pun dalam tampilan desain dengan menggunakan panel Properti bidang .
Tipe data
            Setiap bidang yang memiliki tipe data. Tipe data bidang menunjukkan jenis data yang menyimpan bidang, seperti jumlah besar teks atau file lampiran.
Description: Pengaturan tipe data
Tipe data adalah properti bidang, tapi ini berbeda dari properti bidang lain sebagai berikut:
  • Anda mengatur tipe data bidang dalam kisi desain tabel, bukan di panel Properti bidang .
  • Tipe data bidang menentukan apa properti yang memiliki bidang.
  • Anda harus mengatur tipe data bidang saat Anda membuat bidang.
Catatan: Anda bisa membuat bidang baru di Access dengan memasukkan data di kolom baru dalam tampilan lembar data. Ketika Anda membuat bidang dengan memasukkan data dalam tampilan lembar data, Access secara otomatis menetapkan tipe data untuk bidang, berdasarkan nilai yang Anda masukkan. Jika tidak ada tipe data lain yang ditunjukkan oleh Anda input, Access mengatur tipe data teks. Jika diperlukan, Anda bisa mengubah tipe data dengan menggunakan pita, Bagian dari baru Antarmuka pengguna Microsoft Office Fluent.
2.   QUERY
            Query adalah objek database yang dapat digunakan untuk memasukkan data yang berupa rumus. Query juga dapat di gunakan untuk bekerja dengan dua tabel atau lebih dengan cara yang cukup mudah.
Untuk detail cara membuat query dalam microsoft access bisa sobat simak pada penjelasan di bawah ini :
  • Silahkan buka access serta database sobat, pilih tab menu Create >> Query Design maka akan tampil tabel yang sudah pernah dibuat, seperti gambar berikut
Description: query
  • Pilih tabel yang ingin di jadikan query dan klik tombol Add, disini sobat bisa memasukkan beberapa tabel ke dalam query dari menu Add tadi, kemudian kalau tabelnya sudah dimasukkan baru klik tombol Close
  • Kemudian masukkan nama field yang akan sobat bentuk menjadi query dengan mengerjakan perintah yang ada dalam QBE (Query By Example) yang terdapat di bagian bawah jendela lembar kerja design dari sebuah query dan mengaturnya, adapun keterangan yang ada di dalamnya meliputi
Table ; untuk menampilkan nama tabel sebagai sumber data dari query
Sort ; untuk melakukan pengurutan data
Show ; untuk menampilkan/menyembunyikan field yang dipilih
Criteria ; untuk menampilkan kriteria suatu data yang ingin ditampilkan
  • Klik pada tabel Field maka akan muncul semua field yang ada dalam tabel, sobat pilih salah satu dan ulangi langkah ini untuk menampilkan field-field lain yang ingin di masukkan ke dalam query. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar dibawah
Description: membuat query

  • Query yang sudah sobat buat dapat dijalankan/tampilkan hasilnya dengan memilih menu View >> Datasheet View sehingga hasilnya akan di tampilkan seperti ini
Description: cara membuat query
  • Setelah berhasil membuat query selanjutnya silahkan di Save/simpan dengan memilih tombol Save atau File >> Save Object As dan namai query sesuai keinginan sobat dan klik OK

3.   FORM

            Berikut penjelasan mengenai property dari object form pada Microsoft Access. Property form pada Ms-Access terdiri dari 5 tab yaitu: Format, Data, Event, Other dan All.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAtrKjEHZWaDHe620GwscCx5PcPu3-ila_fXWaW4u_XR6jFMjml-roXcAutlqxzANxRxTy4n05OTF1T9vjI1HtvECYo8JybUdrflUYfVg-MdZLBSQOVajaeQyecKNrIxRK8HYnBMMkyYEn/s320/form+property.png
Tab Format

Caption : Untuk menampilkan judul form
Default View: Untuk memilih jenis tampilan form. Dapat dipilih dengan pilihan sebagai berikut:
  • Single Form yaitu form untuk menampilkan form isian data
  • Continuous Form yaitu form untuk menmaplika data secara besambung
  • Datasheet yaitu form untuk menampilkan data berupa tabel
  • PivotTable yaitu form untuk menampilkan data berupa tabel pivot
  • PivotChart yaitu form untuk menampilkan data berupa diagram dari tabel pivot

Scrol Bars: pilihan untuk menampilkan scroll bar form dengan pilihan
  • Neither untuk tidak menampilkan scroll bar
  • Vertical Only untuk menampilkan scroll bar vertical
  • Horizontal Only untuk menampilkan scroll bar horizontal
  • Both untuk nemanpilkan scroll bar vertical dan horizontal

Record Selector: menampilkan tanda pemilihan record pada forms (Yes/No)

Navigation Button: untuk menampilkan tombol navigasi yaitu unuk memindahkan record data jika suatu form mengacu pada suatu tabel data (pilihan Yes untuk menampilkan tombol navigasi dan No untuk tidak menampilkan)

Dividing Lines: Menampilkan garis pemisah antar record data pada continuous form (Yes/No)

Auto Center : Seting agar form ditempatkan di tengah-tengah pada layar monitor jika diset Yes

Border Style : Pilihan jenis garis pinggir form dengan pilihan: None,Thin,Sizeable dan Dialog

Control Box: untuk menampilkan pilihan minimize, maximize dan close button pada form bar

Min Max Buton : pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan tombol minimize dan maximize pada form bar

Close Buton: pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan tombol close pada form bar

Picture: Untuk menambahkan backgound gambar pada form diisi dengan nama file gambar yang akan digunakan sebagai background

Picture Type: diisi dengan pilihan Embedded dan Linked
  • Jika diisi Embedded file gambar akan disave sebagai bagian dari file access yang kita buat sehingga tiap kali foem dibuka background akan langsung aktif
  • Jika diisi Linked file gambar tidak disave sebagai bagian dari file access. Pada saat file access dibuka maka file gambar akan diambil dari folder dimana background tersebut di link-kan. Jika file gambar tidak ditemukan akan muncul pesan error.

Tab Data

Record Source: adalah property untuk dapat menampilkan data dalam tabel atau query pada form yang kita buat. Property ini diisi objek tabel atau objek query atau perintah query select.

Filter: adalah property yang berhubungan dengan property record source yang berfungsi untuk memfilter data tabel atau query yang sudah kita set pada property Record Source

Order By: adalah property yang berhubungan dengan property record source yang berfungsi untuk mengurutkan data berdasarkan field tertentu. Order By diisi dengan data nama field dari tabel yang akan diurutkan.

Allow Filters: adalah property untuk membolehkan atau tidak data difilter (Yes/No)

Allow Edits: adalah property untuk membolehkan atau tidak data diedit (Yes/No)

Allow Deletions: adalah property untuk membolehkan atau tidak data dihapus (Yes/No)

Allow Additions: adalah property untuk membolehkan atau tidak data ditambah (Yes/No)

Data Entry: adalah property form apakah form untuk Data Entry. Jika seting Yes, maka data hanya dapat untuk proses data entry saja, tidak dapat digunakan untuk menampilkan atau mengedit dan menghapus data.

Recordset Type: Ada 3 jenis pilihan yaitu:
  • Dynaset (default): data pada bound control dapat diedit tergantung pada satu tabel atau tabel dengan relasi satu ke banyak. Untuk data control yang di-set ke field (bound control) dengan tabel relasi satu ke banyak, data pada tabel sisi “satu” dari tabel relasi tidak dapat diedit kecuali cascade update diaktifkan di antara 2 tabel
  • Dynaset (Inconsistent Updates): Semua tabel dan control bound ke field dapat diedit
  • Snapshot: Data pada bound control tidak dapat diedit
Record Locks: set untuk penguncian data pada form, ada 3 pilihan:
  • No Locks: User dapat mengedit data secara bersamaan dengan user yang lain. Data dapat diedit oleh lebih dari 1 user pada saat yang bersamaan.
  • All Records: Semua record pada tabel atau query dikunci pada saat user membuaka form
  • Edited Record: Data dilock (kunci ) pada saat user mulai mengedit data dan akan tetap dikunci hingga user pindah ke rocord yang lain. Data hanya dapat diedit oleh 1 user pada saat yang bersamaan.

Tab Event

Before Update: event yang dipicu sebelum data pada form diupdate.

After Update: event yang dipicu setelah data pada form diupdate.

On Open: event yang dipicu pada saat form dibuka

On Load: event yang dipicu pada saat form diload (sebelum On Open)

On Close: event yang dipicu pada saat form ditutup

On Delete: event yang dipicu pada saat terjadi penghapusan data record pada form


4.   REPORT

Report  pada  Microsoft  Access  berguna  untuk membantu kita membuat laporan mengenai data – data yang ada  dalam  database  kita.  Sebagai  contoh,  kita  dapat menggunakan report untuk membuat laporan transaksi pada sebuah  perpustakaan  (peminjaman  dan  pengembalian), laporan  data  anggota  perpustakaan,  kartu  anggota,  laporan data user, ID Card user dan laporan data buku.
Berikut langkah Pembuatan Laporan Data Buku:
1.     Buka Ms. Access dan database perpustakaan.accdb yang sebelumnya telah dibuat,
2.     Kemudian buka tabel barang,
3.     Pilih Menu Create,



Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRlP3Th90haCb3oKmq6Te7PUYf1wMlWHQk0EDzNyyKVUi9N0NRtrNevyRlFm5WZI7dQbE01Xn-nSedYreZycyAkeXioc5W3wdo801dc2lX2xfzy9Btz7dzlze7hG8fnu4as2uKJTTNmHw/s1600/Untitled.jpg 
4.     Pada report wizard pilih nama tabel dan pindahkan semua available fields ke bagian selected fields

Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEic00W8t6XQHDCTqkMfHmCUqmU5UEFkOr5uTx0mN4ueLB7BEWHxSfPEHqjNOYUvwAEqTbop8e7ptP7Y11X1rpFve9AhJwiRfNEgKroxN2OoF47nJqXgHvlbCfc0DYsJ01NAdoFcoJ5ejTk/s1600/1.jpg


Menjadi
Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTznWNmVUml3vIwEvZyPUNzWmPwhvJgECiAI3a-8ELztgKuFvB79R0qo7LpXqTvfce78wtTAlO-cejthHI9xaHXNysWe5TfcFv9gekF3yMzt2nVOeYUGhYyvEj4dl6Y2evNvXsn0Kx4Q4/s1600/2.jpg

Klik next pada pilihan grouping

5.     Pada bagian sort record pilih Kode_buku, Next

Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQMuFSg97wBvdgjbDDSBYYBRCis8jD78UTQZTH9KLv-yp3F59VmO5STB9XPcSnsbdabLSCo1rxHAbSDBh1c2feDZT7LM7szTDdyN4nrZF5R4aIKqAXWkw4LGyFxCbUPT23GA-v1g3EqTk/s1600/3.jpg


6.     Pilih Layout, Next

Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLorlYBLkSAig4dnkTTZJAYYZlYWqIs4Z581dFK2-Ki8pQT3tVpsensCCx714kh2p6_Gz6gE6m8WZxmA-USx4HDosSQ5GjRBQfHbl7yXCWFpLaixO4s6cjiehdTXovDHkEEWwb5HpHPbI/s1600/4.jpg


7.     Ketik Judul Laporan, finish

Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSVJW1nekAQnd1KBWz75pLet2Eq7IV3g4Rm9YDFztoGVhV6hKr4IwOpOwEeUfRniIAb8ABELTSrdgDoMHZKYJ65X235p3A4Ptadhj6BoySJZRwx4fVJ5Mga8z99Ypqq4K4U9Qt29gVoPM/s1600/5.jpg

  
Tampilan Hasil Report


Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ79WJeNmnPnyhVGT3iSxjFdaY5lUhqfG77ZfJibVsOqIzKznvoZa-Xj_RBh4KivER1BlZ2kp0A7VQLmHaGPhnvSpsoxR0PDQ76_BOSESVZOP7uADpSRMYeLWjDoSbJ4Tkmifw-Y-kf2w/s1600/6.jpg



Komentar

Postingan populer dari blog ini

proposal studi kelayakan bisnis laundry sepatu

laporan kas

pemahaman mengenain Past Perfect Tense dan Past Perfect Continuous tense